Sabtu, 05 Januari 2013

Meningkatkan Tenaga dan Akselerasi Motor

Salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tenaga motor tanpa harus merubah mesin besar-besaran adalah dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot custom.

Dengan perhitungan yang benar, knalpot custom biasanya mampu meningkatkan tenaga hingga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Artinya, akselerasi bertambah tanpa setel ulang karburator. Jika disertai sedikit setelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tapi jika ditambah porting cylinder head dan memainkan noken as, bakal lebih banyak tenaga yang menyembur.

Meski demikian, untuk melakukannya tidak bisa sembarangan. Ada tahapan dan teori ringan agar performa dan estetikanya tetap terjaga. Paling tidak harus mengerti tentang hubungan kapasitas mesin dan lubang knalpot.

Berikut tips pemasangannya:
  1. Paling simpel adalah menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan diameter lubang knalpot custom. Misalnya bebek 100 cc, diameter knalpot tak boleh lebih dari 1,25 inci. Untuk jenis sport 150 cc maksimal 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubang yang cocok 2 inci. Diameter lubang ini akan menentukan suara dan performa motor.
  2. Saringan dalam knalpot juga menentukan performa. Jika terdapat benjolan-benjolan akan punya nafas lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Jika saringan di dalam bentuknya polos sesuai diemeter lubang, motor akan punya tenaga lebih besar, tapi nafasnya lebih pendek.
  3. Suara yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan tidak berisik. Soal ini, kita harus bijak karena suara yang terlampau bising akan mengganggu orang lain dan kabarnya akan ditindak tegas. Batas kebisingan motor 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan batas suara knalpot motor di atas 175 cc adalah 80 Db.
  4. Jika khawatir menimbulkan dampak pada mesin, kita bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau setelan lain di bagian karburator. Tapi pada umumnya, setelan jarang dilakukan karena efek negatif dari knalpot custom tidak begitu siginifikan untuk mesin.
  5. Perhatikan panjang ”leher angsa”. Ada hitungan khusus disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Jika “leher angsa” terlalu panjang, maka mesin jadi cepat panas. Demikian sebaliknya, jika “leher angsa” terlalu pendek, maka tenaganya jadi berkurang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar